Grade : S1
Jumlah SKS : 144 SKS
Akreditasi : B
Visi :
Menjadi Pusat Pendidikan Keperawatan yang Profesional, Mandiri, dan Unggul dalam Mengembangkan Sumber Daya Manusia di bidang perawatan luka pada Tahun 2022
Misi :
1. Menyelenggarakan pendidikan keperawatan yang berdasarkan kaidah profesional
2. Melaksanakan penelitian keperawatan yang terkini dan tepat guna di bidang perawatan luka
3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk pendidikan dan pelayanan kesehatan secara nyata dan berkelanjutan khususnya dalam bidang perawatan luka
4. Mengembangkan penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan perawatan luka bagi mahasiswa dan masyarakat
5. Membangun kemitraan dengan pihak terkait secara berkesinambungan dalam upaya peningkatan mutu pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi
Tujuan :
1. Meningkatkan kualitas pendidikan untuk menghasilkan lulusan perawat yang berkompeten, mandiri, unggul dalam pengembangan perawatan luka
2. Menghasilkan penelitian keperawatan yang berkualitas untuk mendukung peningkatan upaya kesehatan dan layanan kesehatan di bidang perawatan luka
3. Menghasilkan program pengabdian kepada masyarakat yang berkesinambungan dan memiliki nilai kemanfaatan bagi masyarakat
4. Mengembangkan pengelolaan Program Studi Ilmu Keperawatan yangefisien dan produktif
5. Mengembangkan kemandirian organisasi dan jaringan kerjasama dengan dukungan masyarakat, alumni, dan seluruh civitas akademika
PROFIL LULUSAN PROGRAM STUDI D-III KEBIDANAN
Berdasarkan hasil kajian pengembangan bidang keilmuan (scientific vision) dan kebutuhan pasar (market signal) dan hasil pembahasan dengan stakeholders serta tracer study maupun hasil analisis SWOT Program Studi Ilmu Keperawatan merupakan bagian dari jenjang pendidikan tinggi tenaga kesehatan yang menghasilkan tenaga perawat profesional pada tingkat sarjana yang lulusannya mendapatkan gelar Sarjana Keperawatan yang mampu berperan sebagai :
1. Care Provider ( pemberi asuhan keperawatan)
Seseorang yang mempunyai kemampuan memberikan asuhan keperawatan secara efektif, aman, dan holistik dengan memperhatikan aspek budaya terhadap individu baik yang sakit maupun yang sehat mulai dari bayi hingga lansia yang berdasarkan standar praktik keperawatan dan kode etik profesi.
2. Educator dan health promotion
Seseorang yang mempunyai kemampuan menjadi seorang pendidik dan penyuluh kesehatan yang bertujuan mempertahankan derajat kesehatan dan mencegah terjadinya kondisi sakit pada individu, keluarga dan masyarakat, sehingga mereka lebih memahami tentang kesehatan.
3. Communicator (komunikator)
Seseorang yang mempunyai kemampuan berkomunikasi secara efektif dengan individu, keluarga, kelompok dan masyarakat, serta petugas kesehatan lainnya, supaya terjalin kerja sama dalam melaksanakan asuhan dan tindakan keperawatan yang efektif dan efisien.
4. Manager dan leader (Manajemen Praktik/Ruangan Pada Tatanan Rumah Sakit Maupun Masyarakat )
Seseorang yang mempunyai kemampuan mengelola dan mengambil keputusan dalam menghadapi permasalahan – permasalahan yang terjadi selama melakukan asuhan keperawatan baik pada individu, keluarga dan masyarakat.
5. Researcher (Peneliti)
Seseorang yang mempunyai kemampuan melakukan penelitian dibidang keperawatan yang berguna dan bermanfaat dalam untuk kemajuan profesi keperawatan.
KURIKULUM